Image and video hosting by TinyPic
bandar ceme keliling

Daftar 10 Klub Paling Kaya di Eropa 2015 Versi DailyMail: Real Madrid Teratas, Barcelona Nomor Dua!

 

DailyMail merilis daftar 10 klub paling kaya di Eropa 2015 dan menempatkan raksasa Liga Spanyol, Real Madrid di urutan teratas. Klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut memiliki nilai aset yang diperkirakan mencapai 2,161 miliar poundsterling. Tidak ada satu pun klub di Eropa yang mampu menyamai jumlah tersebut. Bahkan pesaing abadi mereka, Barcelona, harus puas cuma berada di urutan kedua.

Barcelona yang hanya menjadi runner up dalam daftar 10 tim terkaya di Liga Eropa, memiliki kekayaan mencapai 2,095 miliar poundsterling. Dengan demikian, ada selisih 0,52 miliar poundsterling antara dua tim yang dalam dua tahun terakhir bergantian menjuarai Liga Champions ini. Yang cukup menarik adalah kesamaan pengelolaan saham kepemilikan Barcelona dan Real Madrid. Berbeda dengan klub-klub lain di Eropa (non Liga Spanyol), Barca dan Madrid menggunakan sistem socios (member).

Dengan demikian, klub dimiliki oleh sekian ratus orang yang benar-benar peduli pada masa depan klub. Konsep ini sempat dilawan oleh presiden Real Madrid saat ini, Florentino Perez yang ingin adanya peluang kepemilikan tunggal seperti dalam konsep Chelsea, tetapi hal ini ditolak oleh socios Real Madrid. Bisa dikatakan dalam perbandingan seperti ini, sistem socios adalah antitesis bagi sistem yang dibangun oleh klub-klub kaya baru yang mendapatkan suntikan dana dari Timur Tengah atau pengusaha minyak/orang-orang paling beruang di dunia.

Kembali ke daftar klub paling bernilai di Eropa, peringkat ketiga diduduki oleh Manchester United. Klub ini memiliki kekayaan yang diperkirakan mencapai 2,056 miliar poundsterling. Klub berjuluk Setan Merah ini cuma beda tipis dari Barcelona, alias cuma selisih 39 juta poundsterling. United sendiri dimiliki oleh keluarga Glazer (Amerika Serikat). Mereka dalam dua tahun belakangan senantiasa agresif dalam pembelian pemain, dan menghadirkan segudang bintang seperti Juan Mata dan Bastian Schweinsteiger.



Namun Manchester United mesti waspada. Pasalnya, sang tetangga berisik, Manchester City ---demikian yang pernah disebut manajer legendaris Sir Alex Ferguson, membuntuti. Manchester City ada di urutan keempat klub paling kaya dengan nilai 1,987 miliar poundsterling. Kekuatan uang City yang bergelimangan terutama disokong oleh Sheikh Mansour, pengusaha asal Timur Tengah yang menghadirkan bintang-bintang seperti Robinho di masa lalu, Sergio Aguero yang kini menjadi ikon, sampai Kevin De Bruyne. Musim ini, City mendapatkan sokongan keuangan dari China Media Capital Holdings yang membeli saham klub ini, yang membuat mereka melampaui Bayern Munchen.

Bayern Munchen sendiri ada di urutan kelima dengan 1,55 miliar poundsterling, dan menjadi klub paling belakangan dalam urusan nilai kekayaan di atas 1 miliar poundsterling. Selebihnya, klub-klub di bawah Bayern tidak menyentuh angka tersebut. Bayern memiliki kombinasi antara Barca-Madrid dan City dalam urusan pengelolaan saham. Member mereka menguasai 75 persen saham, sementara 25 persen lain diserahkan pada para sponsor klub.


Di bawah Bayern Munchen, secara berurutan ada Chelsea, Arsenal, dan Liverpool yang kesemuanya berasal dari Liga Inggris. Ini juga menunjukkan dominasi Liga Inggris, yang memiliki lima klub dalam daftar 10 klub terkaya di Eropa. Chelsea adalah satu-satunya tim dalam daftar yang seluruh sahamnya (100 persen) dimiliki seorang pengusaha tunggal, Roman Abramovich, dengan nilai 907 juta poundsterling.

Sementara itu, Liga Italia memang sedikit tertinggal daripada tiga liga elite lain. Namun di urutan 9 dan 10 ada Juventus dan AC Milan. Rossoneri yang ada di urutan 10 memiliki nilai kekayaan sebesar 513 juta poundsterling.Berbeda tipis dari Juventus yang 554 juta poundsterling. Kedua klub sama-sama memiliki saham mayoritas yang dipegang orang Italia. Juve dimiliki keluarga Agnelli sebesar 63,77 persen sedangka Milan dimiliki Silvio Berlusconi sebesar 99,93 persen.

ikut berdiskusi pada "Daftar 10 Klub Paling Kaya di Eropa 2015 Versi DailyMail: Real Madrid Teratas, Barcelona Nomor Dua!"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda tentang Berita Jadwal Sepak Bola tersebut, kawan?