Image and video hosting by TinyPic
bandar ceme keliling

Maskot Monyet Api Raksasa dan Naga 150 Meter akan Meriahkan PBTY XI 2016 di Jogja

Dalam rangka menyambut Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XI 2016. Di Yogyakarta, sejumlah agenda menarik disiapkan untuk perayaan yang akan berlangsung pada 18-22 Februari 2016 di Kampung Ketandan.  Tema yang diangkat dalam PBTY XI 2016 adalah “ Meningkatkan  Budaya Kebersamaan”. Acara ini akan dimeriahkan oleh maskot monyet api raksasa setinggi 2 meter yang dibuat khusus oleh perajin dari Kalasan Sleman. Maskot tersebut dibuat atas inisiatif Jogja Chinese Art dan Culture (JCACC).
Jogja Dragon Festival (JDF) foto oleh jogja.co
“Tahun ini kan tahun monyet api. Jadi, kita keluarkan maskot sesuai dengan shio maskot itu,” Ketua Bidang Karnaval Subekti Saputra di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (4/2/2016) dikutip dari liputan6.

Maskot berbentuk monyet api itu rencananya akan ikut diarak dalam karnaval yang digelar pada 21 Februari 2016, pukul 18.00-22.00 Wib. Dalam karnaval juga akan digelar lomba liong naga dalam Jogja Dragon Festival (JDF) yang memperebutkan piala raja Hamengku Buwono X.

Jadwal Acara Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XI 2016


Para peserta karnaval nantinya akan berjalan dari Jalan Malioboro hingga Alun-alun Utara. Mereka akan diiringi dengan musik yang direkam sebelumnya. Rute itu berbeda dari karnaval serupa tahun lalu yang berakhir di titik nol Yogyakarta.
"Karena tahun lalu sudah tidak bisa menampung pengunjung," jelas Subekti.

Menariknya, acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan naga liong batik sepanjang 150 meter. Namun, ia tidak bisa memastikan berapa panjang naga liong yang akan di kirab nanti.

"Konturnya di titik nol setelah jadi kan lebih melengkung kan makanya kita pilih alun-alun biar agak bisa rata untuk perform," kata Subekti.


Baca Juga: Kawasan Pesisir Pantai Parangtritis Boleh Dibuka Hotel Berbintang

Bekti mengatakan, target peserta Jogja Dragon Festival (JDF) maksimal 15 tim. Jumlah peserta lomba dibatasi karena slot untuk peserta karnaval untuk memeriahkan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XI 2016 itu maksimal 27 peserta.

"Jika lebih dari 27 peserta,  estimasi (selesainya) lebih dari jam 10 malam. Kita enggak boleh lebih dari itu," ujar Subekti.

Sumber: Liputan6

ikut berdiskusi pada "Maskot Monyet Api Raksasa dan Naga 150 Meter akan Meriahkan PBTY XI 2016 di Jogja"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda tentang Berita Jadwal Sepak Bola tersebut, kawan?