Image and video hosting by TinyPic
bandar ceme keliling

Menikmati Indahnya Air Terjun Setawing Kulon Progo Yogyakarta

Air terjun Setawing merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Kulon Progo. Air Terjun ini masih berada di barisan Perbukitan Menoreh yang terletak di dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo Yogyakarta. Air terjun Setawing ini berada di tebing ketinggian sekitar 18-20 meter. Air Terjun yang cukup membuat mata kita tercengang melihat keindahan dan keasriannya.

Air Terjun Setawing foto oleh Febri Peb Santoso
Sudah banyak pengunjung yang datang ke Air Terjun Setawing ini. Selain untuk sekedar selfi dan mengambil gambar, mereka juga memang ingin membuktikan keindahan dan keasrian Air Terjun Setawing. Untuk memasuki objek Wisata Air Terjun Setawing ini pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja. Untuk biaya parkir motor roda 2 sebesar Rp. 2.000,-, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan roda 4 dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- cukup murah sekali.

Dan bagi pengunjung yang belum pernah kesini dan mempunyai keinginan untuk melihat langsung keindahan air terjun Sitawang. Berikut adalah rute menuju lokasi air terjun Sitawang.

Rute menuju air terjun Sitawang Kulon Progo

Anda tinggal berjalan menuju ke barat saja. Ancer-ancernya dari jogja: Perempatan Ring Road Demak Injo ambil arah Godean - Lurus saja (ke arah barat) - Perempatan Nanggulan Lurus (ke barat) - Pertigaan Watumurah lurus ke bawah (jalan turun) arah Jatimulyo -  ikuti jalan aspal ( siapin gaspol solnya jalan nanjak dan lumayan tinggi) perlu motor dengan stamina yang mumpuni - pertigaan Gendu ambil arah ke kanan - pasar jonggrangan (ada di kanan jalan) - Ambil kanan masuk ke pasarnya - ikuti jalan cor sekitar 100 meter ketemu pertigaan lagi ambil kiri - ikuti jalan cor-coran sekitar 50 meter terdapat parkiran kendaraan di pemukiman warga. Silahkan titipkan kendaraannya diparkiran tersebut.

Setelah memarkirkan kendaraan, Pengunjung masih harus menempuh perjalanan sekitar 100 meter untuk mencapai Air Terjun Setawing, dengan medan jalan masih cor-coran semen. dalam perjalanan menuju Air Terung Setawing, pengunjung bisa menikmati rindangnya pepohohan yang lebat. setelah berjalan kurang lebih 15-20 menit pengunjung sampai air terjun cantik dengan batuan tebing yang berwarna kuning keemasan, sunguh konsep alami yang membuat mata ini takjub. Pengunjung juga dapat bersantai di bangku-bangku yang terdapat di area Air Terjun yang telah di sediakan pengelola. Di sekitar Air Terjun juga terdapat warung untuk memanjakan perut dan pelepas dahaga.


Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Air Terjun Setawing adalah di saat musim penghujan atau saat peralihan musim penghujan ke musim kemarau. karena jika musim kemarau debit air akan berkurang sangat drastis yang dapat mengurangi keindahan Air Terjun Setawing.

Sumber: yukdolanjogja

ikut berdiskusi pada "Menikmati Indahnya Air Terjun Setawing Kulon Progo Yogyakarta"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda tentang Berita Jadwal Sepak Bola tersebut, kawan?