Image and video hosting by TinyPic
bandar ceme keliling

Pinalti Unik Messi ke Gawang Celta Vigo disebut Dengan Tap Pinalty

Penalti unik yang dilakukan oleh Lionel Messi pada laga Barcelona vs Celta Vigo Minggu (14/2/2016) di Camp Nou, cukup menarik perhatian banyak orang. Pasalnya pinalti yang dilakukan oleh Lionel Messi justru tidak langsung mengarah ke gawang, melainkan diumpankan ke rekan se-timnya Luis Suarez, kemudian langsung dieksekusi ke arah gawang bola pun masuk dan gol dinyatakan sah atas nama gol Luis Suarez.
Pinalti unik Lionel Messi saat Barcelona vs Celta Vigo Minggu (14/2/2016)
Sempat ada perdebatan apakah aksi Messi tersebut merupakan bentuk kejeniusan sang pemain atau justru tak menghormati lawan dan ada juga yang menyatakan gol penalti tersebut tidak sah. 

Namun apakah ada pemain selain Lionel messi yang pernah melakukan hal serupa? 

Baca Juga: Selain PSG, Eden Hazard juga Ingin Bermain di Real Madrid

Menurut Wikipedia, penalti yang dilakukan oleh Messi itu mempunyai istilah khusus, yaitu Tap Penalty. Makna dari Tap Penalty adalah penalti yang dilakukan oleh dua orang, yakni antara eksekutor penalti dan rekan setimnya.

Eksekutor tidak langsung melepas tendangan ke arah gawang, tetapi menyontek bola dengan pelan ke arah depan, sehingga rekan setimnya bisa langsung menyambarnya. 

Messi pun bukan yang perdana dalam melakukan penalti unik ini. Legenda sepak bola Belanda dan juga eks Barcelona, Johan Cruyff, pernah melakukan penalti unik bersama rekannya, Jesper Olsen, saat keduanya memperkuat Ajax Amsterdam pada 1982.

 
Serupa dengan Messi, metode penalti yang dilakukan Cruyff mengundang aneka respons. Bahkan, kepopuleran penalti itu membuat orang-orang menyebutnya dengan istilah Cruyff Style. 
 
Selain Messi dan Cruyff, ada juga pemain yang pernah melakukan Tap Penalty yaitu Robert Pires saat masih mempekuat Arsenal pada musim 2005-2006. Berbeda dengan Messi dan Cruyff yang berhasil, Pires dan Thierry justru gagal melakukannya.
 

Kala itu, Pires mencoba melakukannya bersama Henry. Namun, sodoran Pires terlalu lemah dan tidak menjauhkan bola dari titik penalti. Alhasil, Pires tidak bisa menyentuh bola hingga ada pemain lain yang menyentuhnya. Dan pinalti tersebut gagal dilakukan dengan sempurna. 

Eksekusi penalti unik seperti itu juga pernah diperagakan oleh legenda tim nasional Belgia, Rik Coppens, pada 5 Juni 1957. Saat itu, Coppens bekerja sama dengan rekannya, Andre Piters. Berikut adalah cuplikan videonya.


Ternyata Penalti seperti yangdilakukan oleh Lionel memang diperbolehkan dan itu legal, karena memang sebelumnya sudah pernah ada yang mengeksekutor pinalti seperti hal serupa.

Namun menurut pendapat sebuah akun video sepakbola yang cukup ternama di dunia maya, 'Beany Man'. Penalti unik yang dilakukan oleh Lionel Messi di laga melawan Celta Vigo. Gol penalti itu harusnya tak disahkan wasit.
 
'Beany Man’, mengatakan bahwa penalti tersebut harusnya tidak sah. Pasalnya, Suarez tidak berada di luar area berbentuk 'D' yang ada di dekat kotak penalti, ketika Messi menyentuh bola, seperti yang terlihat dalam gambar di bawah ini. Menurut informasi di laman Interesting Fact, area berbentuk 'D' tersebut menandakan jarak 10 yard dari titik penalti, yang seharusnya tak boleh dimasuki oleh pemain selain penendang penalti dan kiper.

Menurut kalian bagaimana nih mengenai eksekusi pinalti Lionel Messi sah atau tidak sah ? Sampaikan pendapati anda pada kolom komentar.

Sumber: Juara.net

ikut berdiskusi pada "Pinalti Unik Messi ke Gawang Celta Vigo disebut Dengan Tap Pinalty"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda tentang Berita Jadwal Sepak Bola tersebut, kawan?